Ikatan Alumni Biologi (IKABIO) adalah wadah silaturrahmi dan media komunikasi bagi lulusan Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya. Ikatan ini dengan tujuan untuk menjalin komunikasi antar alumni, serta antara alumni dengan Jurusan Biologi Universitas Brawijaya Malang, atau dengan mahasiswa sehingga terjadi sinergi yang memberikan manfaat bagi kebaikan bersama. IKABIO bersifat independen namun tidak terlepas dari cikal bakalnya yang berawal dari mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Brawijaya Malang. IKABIO dibentuk di Malang pada tanggal 27 Pebruari 2011. Wadah ini menjadi penting, mengingat harapan mahasiswa, Jurusan Biologi FMIPA UB dan masyarakat umum akan peran lulusan Biologi di masa mendatang.

Peran dan Fungsi IKABIO:

  1. Connecting. IKABIO menjadi media untuk komunikasi yang baik antara alumni, Jurusan Biologi FMIPA UB dan mahasiswa.
  2. Opportunity. Alumni Jurusan Biologi FMIPA UB berbagi informasi lapangan kerja atau proyek yang bisa diikuti oleh mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UB atau alumni yang lain.
  3. Mediator. IKABIO-UB menjadi penghubung informasi, ide dan kesempatan yang ada antara alumni, Jurusan Biologi FMIPA UB dan mahasiswa.
  4. Helping. IKABIO-UB membantu anggota atau pihak lain sesuai dengan kemampuannya. Bantuan bisa berupa/bersistem fund rising, beasiswa, dana, simpan/pinjam, arisan, dan lain sebagainya.
  5. Inspiring. IKABIO menginformasikan anggota-anggotanya yang memiliki kegiatan produktif kepada Jurusan Biologi Universitas Brawijaya sehingga bisa menginspirasi Jurusan dan/atau mahasiswa sebagai suatu sarana untuk pendorong perubahan menuju kebaikan.