Stan Donor Darah IKABIO di Depan Museum Brawijaya

Pada hari Minggu, tanggal 9 Juni 2013, Ikatan Alumni Biologi (IKABIO) Universitas Brawijaya (UB) bekerjasama dengan beberapa pihak, yaitu Jurusan Biologi FMIPA UB, Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) UB, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Malang dan Radar Malang  menyelenggarakan kegiatan “Donor Darah”. Kegiatan ini diadakan di Jl. Besar Ijen, Depan Museum Brawijaya, yaitu bertepatan dengan Car Free Day (CFD).

Kegiatan donor darah ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan (April-Mei 2013), pelaksanaan (9 Juni 2013) dan evaluasi/pelaporan (Juni-Juli 2013).

Peserta donor (pendonor) yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah masyarakat umum yang hadir saat car free day, anggota Ikatan Alumni Biologi, mahasiswa dosen dan karyawan Jurusan Biologi Universitas Brawijaya.

Kegiatan ini terselenggara dengan baik sesuai jadwal terutama dengan adanya komitmen semua pihak dan dukungan dana dari para donatur, yaitu para alumni dan dosen serta pihak Jurusan Biologi Universitas Brawijaya.

Sasaran peserta donor darah yang berpartisipasi melebihi target dari Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Malang (30 kantong darah). Dari 75 peserta donor darah yang mengunjungi stan IKABIO UB, ada 69 orang yang bersedia untuk menyumbang darah. Namun setelah melalui tes kesehatan oleh petugas PMI Cabang Malang, tersisa 42 orang yang diperbolehkan mendonorkan darah melalui PMI. Sebanyak 27 peserta donor darah harus ditunda untuk transfusi, beberapa penyebab peserta donor darah tidak diperbolehkan melakukan transfusi darah adalah tekanan darah kurang atau melebihi ambang normal, haemoglobin kurang atau melebihi ambang normal, menderita diabetes, belum cukup hari dari haid dan lain-lain.

Foto-foto lain terkait kegiatan donor darah IKABIO dapat dilihat di gallery berikut:

(posted by Wiro)