Kegiatan Ramadhan Berbagi

Menyambut dan mengisi Bulan Suci Romadhon, BioCommunity mengadakan kegiatan amal berbagi rizki kepada sesama. Yaitu membagikan paket sembako plus uang tunai. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Juli 2013 (11 Romadhon 1434 H). Kegiatan ini tercetus oleh semangat kebersamaan dan keinginan berbagi kepada sesama.

Sasaran awalnya adalah masyarakat/keluarga miskin di Dusun Gumuk, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Namun dengan banyaknya partisipasi alumni dan masyarakat umum yang mengirimkan donasi melalui BioCommunity, maka sasaran masyarakat ditambah dusun yang lain yaitu Dusun Sumber Bendo, Desa Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Kegiatan ini berlangsung sangat sederhana, yaitu dimulai dengan persiapan selama tiga minggu (mulai akhir Juni 2013 hingga menjelang kegiatan) untuk menetapkan target lokasi masyarakat miskin dan publikasi untuk menjaring donasi dari berbagai kalangan. Secara umum, kegiatan berjalan lancar, sesuai jadwal dan bahkan melebihi target donasi yang direncanakan.

Dalam perencanaan awal, setelah melakukan survey awal, ditetapkan kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Gumuk saja, dengan target jumlah penerima donasi sebanyak 39 keluarga, namun dengan banyaknya partisipasi para donatur, maka sasaran masyarakat miskin ditambah di Dusun Sumber Bendo, yaitu dengan melakukan survey lanjutan dan dibantu oleh salah satu warga di Dusun Sumber Bendo. Jumlah penerima donasi di Dusun Sumber Bendo sebanyak 41 keluarga. Sehingga total jumlah paket sembako yang diberikan di dua dusun tersebut adalah 80 paket sembako dan uang tunai. Paket sembako yang diberikan terdiri dari minyak goreng 2 liter, gula pasir 2kg, sirup 1 botol, susu kental manis 1 pouch dan 1 kaleng, biskuit 1 kaleng, kopi 1 bungkus dan teh 1 bungkus.

Jumlah donasi yang terkumpul dari beberapa pihak sebesar Rp.12.580.000,- (dua belas juta lima ratus delapan puluh ribu rupiah). Dari pemasukan tersebut, sebagian dibelanjakan untuk paket sembako senilai rata-rata Rp.96.600,-, sehingga jumlah belanja sembako sebesar Rp.7.501.000,-. Selain itu, ada pengeluaran lain-lain, yaitu untuk amplop, tas plastik (kresek), bantuan BBM untuk surveyor, bantuan pulsa dan kesekretariatan untuk publikasi sebesar Rp.229.000,-. Total pengeluaran sebesar Rp.7.730.000,-. Sisa dana yang ada sebesar Rp.4.850.000,- digunakan untuk melengkapi paket sembako tersebut di atas dalam bentuk uang tunai senilai Rp.50.000,- per amplop, sehingga didapatkan 97 amplop uang tunai.

Dari pembagian paket sembako tersebut di atas, masih ada sisa 17 amplop uang tunai. Kelebihan tersebut dibagikan diantara tim pelaksana kegiatan untuk disampaikan kepada warga miskin di sekitar tempat tinggal masing-masing.

Di masa mendatang, diharapkan kegiatan seperti ini dapat menjangkau masyarakat miskin lebih luas dan juga dapat melibatkan donatur yang lebih banyak.

Foto-foto kegiatan yang lain dapat dilihat di gallery berikut:

(posted by Wiro)